Rabu, 08 Mei 2013

Kacang Mete [Unik] MADE IN KENDARI


Kota ini memang bukan kota kelahiranku, tapi entah mengapa selalu ada rasa rindu untuk pulang  saat berada jauh dari sini,. Saat berada dirantau orang “Anakonda” ungkapan untuk menunjukkan  anak kondari sudah melekat pada diriku sejak pertama kali menginjakkan kaki di kampung orang sejak tahun 2001 silam., yah pulang kampung selalu jadi momen menyenangkan sebagai anak rantau,. dan taukah dikau apa yang paling sering jadi oleh-oleh saat kembali dari Kendari?! Hehee semua pasti  serempak menjawab “Kacang Mete”  

Kacang mete makanan khas Kendari yang paling dikenal se-Nusantara, bahkan konon kabarnya sampai manca negara.  Kacang mete adalah sebuah biji yang dihasilkan dari buah jambu mete yang telah diolah (paling banyak digoreng) dengan berbagai jenis rasa ; asin biasanya dengan campuran garam dan bawang putih, atau manis dengan campuran gula putih atau gula merah. Kacang mede memang  rasanya sangat  enak dan gurih jadi tak heran banyak yang menyukainya,. Termasuk anda kan?! 

Well..menurut saya kacang mete bukan hanya enak dan gurih tapi unik, kenapa unik karena tidak seperti kacang-kacangan lain kacang mete tidak tumbuh di dalam tapi di luar (tergantung) pada bagian luar jambu mete,. keunikan yang lain selain mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral  kandungan gizi jambu mente sama sekali tidak mengandung kolesterol.  Soal kandungan lemaknya juga tak perlu di takuti krn dari struktur kimianya, ada tiga jenis lemak dan tidak semuanya berbahaya;  pertama adalah lemak jenuh, kedua lemak tak jenuh tunggal, dan ketiga lemak tak jenuh ganda. Kacang mede (per 100 gr) mengandung lemak jenuh 8,478 g, lemak tak jenuh ganda 8,546 g, dan lemak tak jenuh tunggal 25,923 g. Lemak jenuhlah yang disebut-sebut sebagai lemak jahat karena diperkirakan merupakan penyebab sejumlah penyakit degeneratif.  Sedangkan lemak tak jenuh biasa disebut lemak baik karena bisa membantu menurunkan kolesterol, mudah dicerna oleh tubuh juga baik untuk jantung. Jadi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan  lain seperti kenari dan almond, kacang mete mengandung lebih sedikit lemak jenuh artinya aman dikonsumsi untuk diet sehat. So kacang mete memang unik se unik kotaku Kendari..hehe

Demikianlah akhirnya mengenai kacang mete ini, setiap teman-teman mengetahui saya akan pulang kampung ke Kendari pasti pada pesan jambu mente “bawa jambu mente yang banyak nah..”, atau “ kapan pulang ke Kendari saya titip kacang mete yah??!” atau “ohh, mau ke Kendari oleh-oleh mete jangan lupa yah..” wah..wah.. padahal jujur saja sebagai orang kendari yang besar dan tinggal disini, selain lebaran saya jarang-jarang pula makan mente..hehe..tapi begitulah hampir selama 10 tahun jadi anak rantau setiap balik dari sini pasti selalu ada buah tangan yang satu ini : ”kacang mete made in Kendari”, dan tak perlu khawatir karena selain rasanya yang enak dan gurih ternyata kacang mede juga termasuk jenis cemilan sehat, oke selamat menikmati cemilan sehat “kacang mede” made in Kendari :)

Salam
Hartati Bahar 

Tidak ada komentar: