Selasa, 14 Januari 2014

No Cyberbullying!


Cyberbullying didefinisikan sebagai penggunaan internet dan teknologi yang terkait untuk menyakiti orang lain, dengan cara sengaja diulang, dan berniat menyebar kebencian dan permusuhan, status dan ungkapan makian yang dilontarkan melalui status di FB, BBM, twitter atau media sosial lain.

Lepas dari benar atau salah, tindakan (pelaku) mengumbar kebencian lewat jejaring sosial bukanlah tindakan yang terpuji, mungkin menurut pelaku sah-sah saja mengumbar amarah dan makian di jejaring sosial toh dia tak menyebutkan untuk siapa status-status itu ditujukan, hanya saja bukankah lebih kejam mem-bulli di jejaring sosial karena semua orang akan bisa mengaksesnya, yang awalnya tak tahu dan tak ingin tahu menjadi tahu apalagi jika sudah dibumbuhi oleh komen-komen panas maka tentu akan semakin menyakiti. Siapapun dia sungguh tak ada yang ingin menjadi korban cyberbullying. Sabar dan tak usah membalas aksi bullying ini karena justru akan memperkeruh suasana jika saling balas-membalas di jejaring sosial.

Mari berfikirlah sebelum bertindak, di dunia nyata atau dunia maya sama saja,. Cara kita berkomunikasi adalah cerminan diri kita, tingkah laku dan tutur kita adalah cerminan hati kita, jika pepatah dulu “mulutmu adalah harimaumu” saat ini “jarimu adalah harimaumu”.

Segala aksi cyberbullying adalah bentuk tabungan energy negatif yang bisa cair kapan saja,. Sudah banyak bukti untuk hal ini, siapa yang menanam dia yang menuai. Tak ingin menambah deretan tabungan negatif?! Mari bijak dalam berinternet.
Stop Cyberbullying !!

*Prihatin dengan maraknya aksi cyberbullying di jejaring sosial

Tidak ada komentar: