Selasa, 12 Januari 2016

Pernikahan Syar'i



Pernikahan syar'i impian semua ikhwan dan akhwat yang belum menikah. (Sebutan ikhwan dan akhwat adalah sebutan untuk laki2 dan perempuan dalam bahasa arab, tapi biasanya di tujukan pula pada laki2 dan perempuan yang aktif belajar islam). Pernikahan syar'i adalah pesta pernikahan yang sesuai dengan syariat islam, yang saya maksudkan di sini pesta pernikahan islami atau yang sering di sebut walimatul ursy.

Dalam pesta pernikahan islami, ada beberapa hal yang harus terpenuhi, misalnya tamu laki2 dan tamu perempuan terpisah tdk berikhtilat (campur baur), tdk boleh bertabaruj dan berhias menyelisih syariat bagi mempelai perempuan, hiburan disesuaikan syariat islam, juga hal2 lainnya.

Tersebutlah seorang akhwat yang juga memimpikan pernikahan penuh berkah, telah datang seorang lelaki baik meminangnya, hari sudah di tentukan, sayang sekali keluarga besarnya tak satupun yang mendukung proposal walimatul ursy yang dia tawarkan, keluarga besar tak bisa menerima utamanya hijab (pemisah antara tamu laki2 dan perempuan), tak ada satupun keluarga yang setuju memakai hijab di acara pesta pernikahannnya kelak, dengan wajah sedih dia bercerita upaya2nya melobi keluarga mentok, saya hanya bisa berkata padanya sambil memeluknya,

"keberkahan.. keberkahan ukhti.. yang di cari dalam pernikahan adalah keberkahan, ini adalah ujian Allah.. kuatlah usahalah terus, berjuanglah untuk keberkahan pernikahannmu"

Saya tak bisa berbuat apa2 selain mendukung dan mendoakan, teringat ucapan nasehat dari "guru tercinta" :

 "ketika iman telah menancap pada diri seorang mukmin maka pantang baginya untuk berkhianat dengan syariatNYA"

Untuk semua hal, apalagi pernikahan, berjuanglah wahai mujahidah !!

#ODOP

#harikedua

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Memisahkan tamu laki dan perempuan, itu yg sudah semakin terkikis masa kini. Apalagi kalau ada standing party yg tamu makan dengan berdiri, mungkin patut dibahas mbak, syemangat ya 😊😊💪

Ann mengatakan...

Memimpikan pernikahan yg seperti ini ^^