Selasa, 20 Maret 2012

Tips Mengelola Kelas Kreatif:)

Membentuk suasana kelas yang menyenangkan bukan pekerjaan mudah., yah sulit tapi bukan berarti ga bisa kan?! berikut neh ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam mengelola kelas biar ga membosankan.,semoga bermanfaat:)

1. Selalu berpenampilan menarik dan berwibawa., yah kesan pertama bertemu seseorang adalah fisik kan?! bukan segala-galanya tapi harus jadi perhatian juga., jadi ingat waktu pertama kali ngajar mau masuk kelas,. seorang mahasiswa nyeletuk ada dosen!..temannya menimpali yang mana dosennya? yang mana? ahahahaaha selalu tertawa mengenang peristiwa ini., ga bisa dibedakan yang mana dosen yang mana mahasiwa.,yah pada akhirnya memang penampilan perlu diperhatikan jadi bisa dibedakan secara fisik mana dosen, mana mahasiswa.,

2.Memanfaatkan pertemuan pertama dengan mahasiswa untuk untuk perkenalan, menunjukkan kepada mereka cara-cara belajar yang baik, membuat kontrak perkuliahan untuk dipatuhi bersama (bukan hanya buat mahasiswa dong., tapi buat dosen juga:)

3.Membuat formasi tata letak meja kursi, dan perangkat lainnya sesuai kebutuhan., saya memiliki kebiasaan memisahkan tempat duduk mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan., ternyata ini sangat membantu proses mengelola kelas., saat mengisi daftar hadir, saat meminta tanggapan timbal balik biasanya saya menyeimbangkan antara tanggapan dari mahasiswa laki-laki dan mahasiwa perempuan.

4.Menyiapkan peralatan yang akan digunakan dalam ruang kelas sebelum perkuliahan dimulai. Hal ini juga sangat penting, sebaiknya ketua kelas sudah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses perkuliahan seperti LCD, spidol, daftar hadir, dll.

5.Mulailah materi dengan materi yang ringan tapi menantang mahasiswa untuk merespon aktif., misalnya diawali dengan mengangkat kasus2 ringan yang berhubungan dengan materi kuliah.

6. Menggunakan bahasa yang santun, hormat, dengan nada bicara yang lembut, tidak merendahkan dengan bahasa mencemooh dan merendahkan.

7.Saling menghormati dan memahami berbagai perbedaan yg ada.

8.Menghormati rahasia mahasiswa

9.Tidak menginterupsi mahasiswa.

10.Memberikan kesempatan untuk mengkritik

11.Menyediakan waktu untuk berdiskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.

demikian tips mengelola kelas kreatif.,semoga bermanfaat..0_O

Tidak ada komentar: